Perencanaan Kebutuhan Barang

Perencanaan kebutuhan Barang Milik Daerah (BMD) adalah kegiatan merumuskan rincian kebutuhan Barang Milik Daerah untuk menghubungkan pengadaan barang yang telah lalu dengan keadaan yang sedang berjalan sebagai dasar dalam melakukan tindakan yang akan datang.  Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Daerah disusun dengan memperhatikan kebutuhan pelaksanaan tugas dan fungsi satuan kerja perangkat daerah serta ketersediaan Barang Milik Daerah yang ada.

Perencanaan Barang Milik Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) harus dapat mencerminkan kebutuhan riil Barang Milik Daerah pada SKPD sehingga dapat dijadikan dasar dalam penyusunan RKBMD.

Perencanaan kebutuhan Barang Milik Daerah dilaksanakan setiap tahun setelah Rencana Kerja (Renja) SKPD ditetapkan.

Perencanaan kebutuhan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan salah satu dasar SKPD dalam mengusulkan penyediaan anggaran kebutuhan baru (new
iniviative) dan angka dasar (baseline) serta penyusunan rencana kerja dan anggaran.

Perencanaan kebutuhan Barang Milik Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), kecuali penghapusan, berpedoman pada : a. standar barang; b. standar kebutuhan; dan/atau c. standar harga.

Untuk Diskusi dan Studi Kasus lebih lanjut tentang Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Daerah, Anda dapat bergabung di Forum Diskusi BMD pada button/link di bawah ini….