pelayanan dokumen

Penatausahaan

Pengelola Barang harus melakukan pendaftaran dan pencatatan Barang Milik Daerah yang berada di bawah penguasaannya ke dalam Daftar Barang Pengelola menurut penggolongan dan kodefikasi barang.

Pengguna Barang/Kuasa Pengguna Barang harus melakukan pendaftaran dan pencatatan Barang Milik Daerah yang status penggunaannya berada pada Pengguna Barang/Kuasa Pengguna Barang ke dalam Daftar Barang Pengguna/Daftar Barang Kuasa Pengguna menurut penggolongan dan kodefikasi barang.

Pengguna Barang melakukan inventarisasi Barang Milik Daerah paling sedikit 1 (satu) kali dalam 5 (lima) tahun. Dalam hal Barang Milik Daerah sebagaimana dimaksud adalah berupa persediaan dan konstruksi dalam pengerjaan, inventarisasi dilakukan oleh Pengguna Barang setiap tahun.

Pengelola Barang menghimpun daftar barang Pengguna/daftar barang Kuasa Pengguna menurut penggolongan dan kodefikasi barang termasuk Barang Milik Daerah yang dimanfaatkan oleh pihak lain.

Pengelola Barang melakukan inventarisasi Barang Milik Daerah berupa tanah dan/atau bangunan yang berada dalam penguasaannya paling sedikit 1 (satu) kali dalam 5 (lima) tahun.

Untuk mendalami pemahaman terhadap perlakuan atas aset tetap pada Pemerintah Daerah Kota Cirebon, dapat diperdalam melalui link pada gambar berikut di bawah ini antara lain : Tanah, Peralatan dan Mesin, Bangunan & Gedung, Jalan, Irigasi, Jaringan, Aset Lainnya, dan Kontruksi Dalam Pengerjaan.

Klik pada Gambar untuk materi lebih spesifik

Tanah
Peralatan dan Mesin
Gedung dan Bangunan
Jalan, Irigasi dan Jaringan
Aset Tetap Lainnya
KDP

Untuk Diskusi dan Studi Kasus lebih lanjut tentang Penatausahaan, Anda dapat bergabung di Forum Diskusi BMD pada button/link di bawah ini….